Kamis, 06 Oktober 2011

PROSES..



Semua itu harus melalui proses… biar terasa hasilnya… Kalo maunya cepat2 saja, instan2 saja… walo mungkin sekarang terasa enak, tapi ujung-ujungnya pasti ada dampak yang bakal kita hadapi. Contoh gampangnya saja, makan mie instan. Pas lagi bosan, sendirian, lapar… mie instan bakal jadi ganjal perut yang menyenangkan. Gampang dibuat, dan bikin kenyang. Tapi, kebanyakan mi instan sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan, walaupun di bungkus mie nya dicantumkan memiliki kandungan yang menyehatkan.

Begitu juga dengan proses kehidupan, banyak sekali tahap-tahap dalam hidup yang harus kita jalani. Dan semuanya itu butuh proses. Kita ingin dewasa, harus ada proses dari bayi – kanak kanak – remaja – dewasa. Tidak mungkin dari bayi kita tahu-tahu loncat tahap menjadi dewasa. Semua proses itu akan memberikan kita pengetahuan dan pengalaman yang sangat berguna di tahap selanjutnya. Jatuh, Gagal, Kalah itu biasa… Tapi harus diikuti dengan optimisme untuk meraih kesuksesan di kemudian hari. Kalau sekali jatuh, dan kemudian tidak ada keinginan untuk bangun dan menata diri kembali, kita hanya dapat mendongak ke atas dan melihat orang orang yang berhasil bangun dan mencapai kesuksesan. Kalau sekali kalah, dan tidak pernah mengikuti persaingan atau kompetisi, kita tidak akan pernah mencicipi nikmatnya kemenangan. Dan sesungguhnya kemenangan itu akan terasa sangat nikmat jika kita pernah merasakan artinya kekalahan. Kita akan lebih menghargai arti kemenangan itu dan berusaha agar tidak kalah lagi.

Proses itu butuh waktu, jangan berharap dalam satu menit hidup kita akan berubah dari miskin menjadi kaya. Jika kita bersabar dan tekun dalam berusaha dan gigih dalam berjuang, niscaya proses itu tidak akan terasa lama. Karena sepanjang perjalanan proses itu banyak ilmu dan pengalaman yang akan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: